Monday, March 22, 2010

PBA Langkah Tepat Peningkatan Ilmu Properti Bagi BTDC

(Vibiznews-Property)-Perkembangan dunia properti di Indonesia kini kian meningkat prospeknya pun kian menjanjikan oleh karena itu dibutuhkan suatu pengetahuan mendalam mengenai ilmu properti mulai dari konsep pendanaan, pengembangan hingga proses pengelolaanya. Pengetahuan tentang properti pun kini bukan saja di butuhkan oleh pengembang properti di Jakarta saja namun di beberapa daerah di Indonesia masih sangat membutuhkan pengetahuan lebih mendalam mengenai ilmu properti itu sendiri.

Di lihat dari potensinya penggembangan properti di daerah memiliki prospek yang sangat cerah apalagi melihat nantinya daerah-daerah akan menghadapi AFTA atau perdagangan bebas. Persaingan di bidang industri akan semakin ketat begitu juga kebutuhan akan properti baik itu hunian maupun perkantoran. Selain itu industri pariwisata juga mempunyai peluang yang sangat menjanjikan. Maka dengan melihat prospek kedepan yang cerah bagi daerah-daerah yang memiliki potensi, kebutuhan ilmu properti semakin dibutuhkan.

Seperti yang dilakukan oleh pengembang besar Bali Tourism Development Corporation (BTDC) yang memiliki beberapa produk pengembangan properti di Bali serta juga sebagai pengembang yang mengelola kawasan Nusa Dua Bali. Pihak BTDC mengundang Vibiz Property Business Academy (PBA) untuk mengadakan training di perusahaan tersebut. Training yang bertempat di Nusa Dua Bali dan berlangsung pada tanggal 9-12 maret 2010 tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan serta strategi di bidang properti serta mengulang kembali teori-teori dalam pengembangan properti yang dapat diaplikasikan dilapangan. Program Training yang disajikan PBA merupakan perpaduan antara teori, praktek, hingga strategi dengan begitu dapat meningkatkan pengetahuan properti bagi karyawan BTDC.


Foto bersama peserta inhouse training BTDC dengan pengajar PBA

Materi program pelatihan yang diberikan oleh PBA bagi karyawan BTDC (Bali Tourism Development Corporation) antara lain ; CPBA (Certified property Business Analyst, CPD (Certified Property Development), CPMS (Certified Property Marketing Strategy), CCFP (Certified Corporate Finance in Property). Semua program tersebut dirangkum dalam suatu program materi yang dinamakan Certified Property Management. Materi yang diberikan dirasakan sangat sesuai dengan perkembangan dunia properti saat ini.

Pelatihan yang berlangsung di Nusa Dua Bali tersebut di ikuti sebanyak 20 peserta sebagian besar mereka adalah kepala bagian serta direktur beberapa anak perusahaan BTDC. Pelatihan tersebut di pandu oleh para pakar properti yang memang sudah berpengalaman dibidangnya selama bertahun-tahun. Beberapa pengajar yang trurut memberikan pelatihan yaitu ; Irwan Nurhadi, Alfred Pakasi, Priyendiswara, dan Harjadi jahja mereka semua merupakan para pakar di bidang pendanaan, pengembangan, analisis pasar, serta hukum properti.

Peserta pelatihan pun sangat antusias dalam mengikuti pelatihan properti tersebut. Hal tersebut dikarenakan format materi serta program pengajaran yang cukup menarik serta menambah wawasan baru yang di sajikan oleh PBA.

Property Business Academy memang merupakan suatu program pelatihan properti yang menerapkan antara teori dengan aplikasi di lapangan. Dengan pengajar-pengajar yang memang sudah berpengalaman dibidang properti membuat ilmu properti yang diajarkan oleh para pengajar semakin sesuai dengan kondisi dilapangan serta membuka wawasan baru dilapangan. Dengan begitu para peserta akan semakin paham serta mengenal kondisi dilapangan dalam dunia properti. PBA mengajarkan ilmu properti secara komprehensif serta holistik atau menyeluruh karena dunia properti yang sangat kompleks serta kompetitif. PBA sendiri juga megajarkan mengenai strategi-strategi yang tepat dalam pengembangan properti saat ini sehingga para peserta yang telah mengikuti training mempunyai kompetensi yang tinggi di bidang properti. Tidak salah kiranya jika PBA menjadi salah satu alternatif pengembangan keilmuan properti bagi perusahaan maupun perseorangan yang ingin meningkatkan keahlian dibidang properti.

(mg/MG/VBN)

0 comments: